Selamat Datang di Website Resmi Kecamatan Balikpapan Utara. "KAMI SIAP MELAYANI, BUKAN DILAYANI"

Peresmian TPS Kampung Timur Kelurahan Gunung Samarinda

Wednesday - 29 September 2021 - Dibaca: 784 kali

Hari ini Rabu, 29 September 2021 TPS Kampung Timur telah Diresmikan ditandai dengan pembukaan selubung papan nama dan pemasangan spanduk bak sampah yang lama oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nuryamsiarni D La Rose.

dalam peresmian itu dihadiri oleh Walikota Balikpapan dalam hal ini diwakili oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup,Sekcam Balikpapan Utara, Anggota DPRD Balikpapan Taufik Qulrahman , Danramil, Kapolsek, Lurah Gunung Samarinda, Lurah Gunung Samarinda Baru.

Ketua LPM Gunung Samarinda (Halili) sapaan karibnya, dalam sambutanya mengatakan, TPS sebelumnya tidak layak, apalagi lokasi bertepatan di simpang tiga Jalan Wonorejo. Yang mengakibatkan sering terjadi kemacetan arus lalu lintas dan pemandangan yang tidak mengenakan akibat sampah yang meluber. Pasalnya, masih ada warga yang kurang tertib membuang sampah tidak sesuai dengan ketentuan.

“Bahkan sempat viral saat itu, sampah menggunung tidak diangkat selama dua hari. Sampah meluber,” ungkapnya.

Lanjutnya, Halili menuturkan pembangunan TPS Kampung Timur ini diharapkan oleh masyarakat Kelurahan Gunung Samarinda dan Gunung Samarinda Baru. Pembangunan dilakukan sejak 2019-2021 secara bertahap. Berbagai tantangan dilalui, supaya TPS ini dapat terwujud. Salah satunya, akses jalan menuju TPS digunakan sebagai kafe.

“Kami menertibkannya dengan penuh kesabaran dan humanis. Sehingga pembangunan TPS bisa terwujud,” paparnya.

Ia berharap dengan adanya TPS yang didirikan dengan menggunakan anggaran Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Kaltim, masyarakat dapat membuang sampah dengan tertib sesuai ketentuan waktunya. Sehingga dengan dibukanya TPS kampung timur ini dapat menciptakan Kota Balikpapan menjadi bersih dan nyaman.